Perhatian..!

Atas keprihatian saya sebagai seorang Muslim, atas apa yang menimpa saudara-saudara kita di gaza dan palestina, Demi Allah...saya ingin menjual Blog saya ini, dan dananya akan saya hibahkan 100% untuk membantu korban gaza dan palestina..., insyaAllah Ikhlas....

"ya Allah...ku mohon kepadamu untuk dapat menjadikan hambamu orang-orang yang bertaqwa dan peduli kepada saudara-saudaraku kaum muslimin dimanapun berada"....

" Ya Allah, jadikan para korban kekejaman israel menjadi seorang syuhada, yang akan mendapatkan syurgamu tanpa tabir sedikitpun"....


Email : sukarma.w@gmail.com

Jumat, 19 April 2013

Ini film kartun yang bagus untuk mengedukasi anak

Ini film yang bagus untuk mengedukasi anak  - suryapost.com
Anak Anda senang  menonton film kartun? Tidak usah khawatir film kartun ternyata dapat berdampak positif pada anak. Namun, sekarang ini banyak film kartun yang tidak sehat bagi perkembangan kognitif dan psikologis anak. Bunda, sebagai orang tua kita sebaiknya dapat memilihkan mana film yang boleh ditonton anak kita, mana yang tidak. Nah, berikut ini ada beberapa film yang dinilai baik untuk anak-anak.


Lazy Town
Tokoh utama dalam film ini adalah Sportacus. Sportacus memiliki karakter senang berolah raga dan sangat suka makan buah dan sayuran. Kebiasaan baik ini dapat berdampak positif pada anak.  Anak yang susah makan dapat diperlihatkan contoh tokoh yang suka makan sayur dan buah. Dengan demikian, anak akan lebih mudah diajak makan dan berolahraga karena melihat tokoh ini.

Handy Manny
Handy Manny adalah seorang tukang reparasi. Ia memiliki teman perkakas seperti tang, palu, gergaji, obeng, dan yang lainnya untuk membantunya memperbaiki sesuatu. Dalam filmnya Handy dapat memperbaiki berbagai macam alat, seperti radio, jam, lampu lalu lintas, memasang rumah boneka, dan masih banyak lagi.
Film ini mengajarkan bahwa segala sesuatu dapat diperbaiki dengan cara yang benar. Dalam mengerjakan sesuatu, Handy selalu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan penuh perhitungan. Selain itu, film ini juga mengajarkan petingnya kerjasama dalam kehidupan sehari-hari.

Bob The Builder
Film ini merupakan film dengan tema konstruksi. Tokoh utamanya adalah Bob seorang kontraktor bangunan. Ia sering mengerjakan berbagai macam proyek seperti pembangunan gedung, memperbaiki jalan, dan lain-lain. Bob sering dibantu oleh teman-temannya yang berupa buldoser, crane, mixer, dan masih banyak lagi. Dalam mengerjakan sesuatu, Bob selalu merencanakannya terlebih dahulu dengan matang. Hal ini baik untuk perkembangan kognisi anak. Kerjasama antara Bob dan teman-temannya juga mengajarkan bahwa kita harus selalu bergotong royong dan bersosialisasi dengan yang lain.

Dora The Explorer dan Go Diego Go
Kedua film ini bercerita tentang anak yang selalu ingin tahu, sayang pada binatang, dan juga berani. Dalam penyampaiannya tokoh dalam kedua film ini begitu sederhana dan juga variatif. Film ini baik untuk perkembangan kognitif anak karena memberikan pemahaman menganai konsep seperti warna, bentuk, bilangan, kosa kata, dan lain sebagainya. Selain itu, kedua film ini juga mengajak anak untuk berpikir kreatif.
Dalam kedua film ini, anak juga ikut dilibatkan. Misalnya, Dora atau Diego akan meminta anak untuk menunjuk mana barang yang dimaksud, atau kemanakah selanjutnya mereka akan pergi. Selama film berlangsung, kedua tokoh ini akan selalu mengajak anak untuk memilih atau menunjuk sesuatu. Di akhir cerita, kedua tokoh ini akan mengajak anak untuk mengingat kembali apa yang sudah mereka lewati. Hal ini melatih anak untuk selalu me-review informasi yang sudah didapat.

Timmy Time
Tokoh-tokoh dalam film ini yaitu burung kuntul, burun hantu, anak domba, anak kucing, anak babi, anak bebek, anak anjing, anak burung hantu, anak landak, dan ulat. Dalam film ini, burung kuntul dan burung hantu yang berperan sebagai guru selalu memberikan petunjuk terlebih dahulu saat sedang mengajar.  Hal ini mengajarkan pada anak agar  ia selalu melakukan sesuatu sesuai petunjuk.Dalam film ini diajarkan juga rasa bertanggung jawab, disiplin, hidup sehat, dan sebagainya. Ini akan berdampak pada anak untuk selalu menjaga rasa tanggung jawab, disiplin, dan hidup sehat. Ada juga kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti oleh anak, seperti menempel, melukis, dan mewarnai.

Nah bunda, demikianlah sedikit paparan dari kami. Menonton kartun memang boleh-boleh saja asalkan berdampak positif. Namun, selain itu bunda juga tetap harus mendampingi anak ketika sedang menonton film. Semoga bermanfaat.


Protected by Copyscape Online Copyright Search

Ditulis Oleh : Suryapost dotkom ~ Media Informasi dan pembelajaran Online

Hi, Apa kabar?. Artikel di atas yang berjudul "Ini film kartun yang bagus untuk mengedukasi anak" ini ditulis oleh (seorang blogger pemula yang ingin terus belajar dan berbagi ilmu). Artikel ini di tulis pada hari Jumat, 19 April 2013 . Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.


Artikel serupa yang menarik untuk di baca :
Komentar via facebook
3 Komentar via blogger

3 comments:

munir ardi mengatakan...

memang kartun diatas semuanya bagus-bagus dinading sama sinchan spongebob semuanya mengajarkan hal tidak baik

bimbel matematika mengatakan...

keren film kartun yang seperti itu ,tontonan yang merupakan bimbingan bagi anak2 yang ingin belajar sambil nonton tv , bisa belajar matematika dasar untuk berhitung dan sebagainya. paling terkenal sih kayaknya dora tuh :D

Rian ( Jual Game Pendidikan Anak) mengatakan...

Selain film kartun seperti ini masih ada juga game-game yang baik yang bisa kita berikan kepada anak-anak, seperti game bahasa ingris, game berhitung, game membaca, game mewarnai yang bisa membuat anak lebih interaktif...

Cara isi koment: Tidak punya ID untuk berkomentar? Gunakan pilihan Name/URL, isian URL bisa dikosongi / diisi dengan alamat FB
(Blog Dofollow)

Klk untuk lihat semua koleksi lengkapnya. cocok untuk dp BBM anda